Pendidikan adalah garda terdepan dalam merubah mindset rakyat Indonesia pada zamannya. Melalui pendidikan juga Indonesia merdeka pada tahun 1945. Jika pendidikan bisa merubah pola pikir manusia dari yang sederhana menjadi luar biasa, maka pendidikan menjadi tolok ukur untuk perubahan Negara yang dalam pengamatan kami saat ini sedang dalam kondisi chaos termasuk dalam hal ini menular pada dunia pendidikan.

Rendahnya pemahaman kita terhadap pendidikan, mengingatkan kita pada masa kolonial dimana kita menjadi korban keganasan dan kebiadaban kaum penjajah. Dan hanya pendidikan yang diberikan oleh para penjajah yang menyatukan pemikiran kaum terdidik untuk bersama-sama menjadikan Indonesia sebagai negara yang merdeka.

Mengawali 2019 bagaimana dengan pendidikan kita? Naik atau rendahnya akan terlihat sejauhmana para penjajah dilibatkan dalam semua kebijakan Negara termasuk pendidikan. Harapannya tentu kita bisa berdiri diatas kaki sendiri bagaimana mengemas pendidikan menjadi pendidikan yang bisa membawa kita pada kemerdekaan. Kemerdekaan berpikir, kemerdekaan berpendapat serta kemerdekaan melibatkan diri lebih dalam dalam kebijakan pendidikan.

Warisan pendidikan dari para pendahulu sudah semestinya kita hargai sebagai pendidikan yang melahir Negara yang merdeka.

*Aang Nasrudin

Kategori: Umum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *