SMK YPAI Rahayu berdiri pada tahun 2011, dengan program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Pada awal berdirinya, SMK YPAI Rahayu dipimpin oleh Kepala Sekolah Bapak H. F. Sudrajat, S.Pd. Beliau sebagai perintis sekaligus penggagas adanya SMK YPAI Rahayu bersama dengan Bapak H. EA Soehara selaku Ketua Yayasan dan Bapak Syafi’i Junaedi selaku Sekretaris Yayasan Pendidikan Agama Islam (YPAI) Rahayu.

Pada awal tahun 2012 terjadi rotasi kepemimpinan dari Bapak H.F. Sudrajat, S.Pd kepada Bapak Aang Nasrudin, S.Pd. Dibawah kepemimpinan beliau SMK YPAI berdiri tegak dengan motto “SMK YPAI Melangkah Pasti”. Di tahun 2013 sudah bisa melahirkan Surat Ijin Rencana (SIR) dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung, pada tahun 2013 juga beliau mampu menjadikan SMK YPAI Rahayu sebagai SMK yang berhak menerima bantuan berupa BOS Pusat, BPMU dan BOS Daerah (BOSDA) Kabupaten Bandung.

Pada tahun 2014 SMK YPAI sudah meluluskan dengan jumlah siswa 18 orang dan menggabung ke SMK Angkasa 1 Margahayu. Pada tahun 2014 juga beliau diangkat sebagai sekretaris wilayah tingkat SMK membawahi 27 SMK se Kabupaten Bandung. Dengan diangkatnya beliau sebagai sekretaris wilayah (sekwil) maka kesempatan berlabuh lebih jauh untuk pengembangan SMK YPAI semakin berpeluang.

Pada tahun 2015 SMK YPAI menerima ijin pendirian dari Dinas Kabupaten Bandung, pada tahun pelajaran 2015-2016 tercatat juga sebagai SMK yang berhak meraih penghargaan dari Kementrian Pendidikan Indonesia Bapak Anis Baswedan sebagai sekolah dengan raihan nilai rata-rata 8,5. Ditahun ini juga SMK YPAI mulai mengembangkan sayapnya melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan, teater, rohis serta ekskul lainnya. Dari ekstrakurikuler itu SMK YPAI mampu menorehkan prestasi dari tingkat desa, kecamatan sampai pada tingkat Jawa Barat. Diantaranya tercatat sebagai juara umum pada kegiatan lomba pramuka tingkat kecamatan, juara dua dan tiga tingkat kabupaten dan kodya. Begitu juga dengan ekstrakurikuler teater, SMK YPAI meraih penghargaan pemeran terbaik tingkat Jawa Barat. Teater “Naker Tea” SMK YPAI yang dibina oleh Bapak Mahendra pernah terlibat juga untuk tampil di Universitas Pendidikan (UPI) Bandung serta kampus dan tempat lain tempat mereka meraih mimpi melalui seni.

Teater “Naker Tea” SMK YPAI menorehkan juga prestasi dengan karya terbaiknya fajar shidiq, jaleuleu zaa, preman sekolah dan lainya. Begitu juga dengan ektrakurikuler keagamaan atau Rohani Islami (rohis) yang pernah terlibat dalam kegiatan rohis tingkat Jawa Barat yang sampai hari ini dikembangkan menjadi program khusus keputrian dibawah program kesiswaan yaitu Bapak Ishsan Asyaparudin, S.Pd.

SMK YPAI juga mengembangkan kejuruannya melalui kegiatan dan bimbingan khusus MikRotik tingkat nasional yang diikuti oleh Bapak Rizki Almubarok, S.Pd dan Bapak Ranna Kusumah, ST, maka secara otomatis SMK YPAI berhak mengadakan pelatihan baik untuk internal SMK YPAI ataupun eksternal tingkat SMK atau umum.

Dengan berbagai kendala yang ada, SMK YPAI Rahayu punya harapan kedepan menjadi SMK yang mampu menjaring masyarakat yang kurang peduli, kurang menganggap penting terhadap pendidikan menjadi tertarik untuk bersama-sama mengembangkan. Semoga harapan itu segera terwujud melalui program-program kurikulum dibawah komando Bapak Asep Waryana, A.Md, kesiswaan Bapak Ishsan Asyaparudin, S.Pd serta guru-guru yang terus membantu dalam pengembangannya. Begitu juga dengan staf Ibu Resa Siti Solihah, Risman Purnomo dan Sifa Siti Latifah.

Mudah-mudahan bakti kita semua tercatat sebagai amal kebaikan yang bisa kita panen dikemudian hari.

Kategori: Umum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *